Inspirasi Resep “Indonesian Fusion Foods” ala Devina Hermawan dan co-chef Jonathan Tjandra

Inspirasi Resep “Indonesian Fusion Foods” ala Devina Hermawan dan co-chef Jonathan Tjandra
January 13, 2020 redaksi demedia
Indonesian Good Foods Devina Hermawan

Inspirasi Resep “Indonesian Fusion Foods” ala Devina Hermawan dan co-chef Jonathan Tjandra

 

Bagi penggemar acara Master Chef, nama Devina Hermawan tidaklah asing. Namanya juga sempat viral di Instagram dan publikasi media online, soal menu “ayam oncom”. Menu buatannya ini pernah membuat Ridwan Kamil “kesengsem”. Dari testimoninya, enak dan bahkan “menagih” untuk dijadikan menu makan siang rutin bagi Gubernur Jawa Barat itu.

Urusan memasak memang bukan hal baru baginya. Hobi ini hadir sejak ia kecil. Kabar yang tergolong baru adalah bukunya soal fusion food. Bersama co-chef Jonathan Tjandra, ia membukukan ragam fusion food yang bisa dijadikan inspirasi memasak di rumah. Bahkan untuk bisnis kuliner ala milenial. Buku ini dikemas apik dalam Indonesian Fusion Foods.

Tren memadukan ragam masakan Indonesia dalam sebuah piring, dengan menggabungkan masakan lokal dan mancanegara jamak menjamur terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Inilah fusion food. Fusion Food adalah cara menggabungkan masakan dari berbagai daerah (lokal) atau negara untuk mendapatkan cita rasa menu masakan baru.

Sekitar April 2014, The Jakarta Post, pernah mencatat fusion food sebagai gelombang baru dalam kuliner. Restoran bertema fusion food tumbuh di beberapa titik di Jakarta tentang bagaimana masakan Padang dikemas dengan gaya Jepang, dan beberapa kombinasi masakan lokal dengan metode memasak ala mancanegara misalnya. Masih dari laporan The Jakarta post, fusion food, berawal sekitar tahun 1970an. Konsepnya mengombinasikan racikan bumbu dengan metode memasak dari dua atau lebih dari beberapa wilayah atau negara.

Dalam menciptakan fusion food, diperlukan tiga tantangan berupa daya imajinasi, kreativitas, dan cita rasa. Pendek kata fusion food merupakan inovasi baru menghadirkan menu baru, campuran style cita rasa otentik lokal dengan masakan luar negeri, yang disajikan dengan gaya kekinian. Fusion food sudah jamak disajkan di cafe dan restoran modern di perkotaan.

Dalam buku Indonesia Fusion Foods, Devina bersama co-chef Jonathan Tjandra mencoba membagikan ragam resep fusion khas Indonesia. Buku ini berisi aneka resep inovasi baru untuk menikmati cara baru paduan masakan otentik nusantara dengan menu modern yang biasa tersaji di restoran atau cafe milennial.

the tempeh friesBuku ini dibuka dengan menu “hidangan pembuka”, berporsi kecil, misalnya Aromatic Tempeh Fries. Menu tempe krispi disuguhkan ala potongan french fries, panjang-panjang dengan mayones.

 

AROMATIC TEMPEH FRIES 

Bahan

250 g tempe

3 siung bawang merah, haluskan

3 siung bawang putih, haluskan

1 sdt bubuk ketumbar

1 sdt garam

1 sdt merica

3 sdm air

3 sdm terigu

3 sdm tepung beras

Minyak untuk menggoreng

Rawit mayonnaise ( lihat resep halaman …)

Cara membuat

  • Potong-potong tempe seperti french fries, sisihkan.
  • Campur bawang merah, bawang putih, bubuk ketumbar, garam, merica, dan air, aduk rata. Satukan bumbu dengan tempe, aduk kembali sampai rata.
  • Ayak terigu dan tepung beras ke dalam tempe, aduk perlahan sampai melekat ke tempe.
  • Panaskan minyak secukupnya, goreng tempe sampai kuning kecokelatan, angkat.

Ada juga menu dengan nama Duck Tacos With Sambal Matah. Sajian suwiran daging bebek betutu di atas tortila. Nah, dalam bab ini, sekitar ada 13 resep menu appetizer yang disajikan dengan gaya milenial ini.

Resep fusion food, bukan saja untuk makanan ringan pembuka, dalam buku terbitan Demedia ini, Devina membagi dalam resep berkuah (soup), resep yang dimasak dengan cara digoreng, minuman manis, dan aneka rupa saus.

Indonesian Fusion FoodsSelain konten resep masakan dengan banyak pilihan, tampilan desain dan foto-foto menu masakan disuguhkan dengan menarik dan mengundang selera. Teknik food photography dan design grafis turut memperkuat visualisasi dan kenyamanan pembaca buku full color ini.

Bagaimana bunda, siap menjajal resep masakan metode fusion food ala Devina Hermawan dan co-chef Jonathan Tjandra? Silakan buku Indonesian Fusion Foods bisa ditemukan di toko buku Gramedia dan toko buku online terdekat dengan layar smartphone dan tap jempol bunda.

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale

demedia shopee Jakbook