Knitting Di “Sore Santai Bersama Demedia”

Knitting Di “Sore Santai Bersama Demedia”
December 10, 2014 Demedia
knit-bsr

Merajut itu sulit, membingungkan, dan memusingkan. Eitsss…. siapa bilang?! Kalau sudah bisa membaca langkah pengerjaannya, pasti bikin ketagihan. Merajut merupakan hobi favorit sejak zaman dulu yang hingga kini masih mempunyai daya tarik. Bahkan banyak yang menganggap merajut merupakan suatu relaksasi karena mampu meredakan bahkan menghilangkan stres.

knit-bsr

Sore santai bersama Demedia yang dilaksanakan hari Jumat, 5 Desember 2014 memiliki tema “Rajut Knitting Bareng Demedia”. Berbeda dari workshop biasanya yang dilakukan di kantor redaksi, workshop Demedia kali ini dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Pada kesempatan ini, Juli Bolton yang sudah sejak tahun 1991 belajar knitting itu menjadi ‘guru’ bagi peserta yang datang. Ya, Juli Bolton memang sudah ahli dalam merajut knitting–keterampilan merajut dengan dua jarum.

Walaupun merajut selalu diidentikkan dengan generasi tua, tapi ternyata peserta worksop rajut kali ini juga didominasi oleh generasi muda lho. Sebagai pembuka workshop, Juli Bolton yang spesial datang dari Surabaya ini mengajarkan teknik mengawali rajutan (cast on), dilanjutkan dengan tusuk dasar Knit (tusuk bawah) dan Purl (tusuk atas). Belasan peserta yang datang kebanyakan masih pemula dalam hal knitting sehingga banyak yang mengerutkan kening karena masih bingung dan canggung saat memegang breipen circular–alat rajut knitting yang terdiri dari 2 breipen pendek yang dihubungkan dengan kabel plastik tipis. Namun ada juga yang sudah paham, alhasil jari jemarinya langsung lincah merajut.

Waktu pelatihan yang dijadwalkan pukul 14.00-16.00 ternyata dirasa tidak cukup. Banyak peserta yang masih bersemangat ingin melanjutkan pelatihan. Waktu pelatihan pun diperpanjang hingga pukul 17.00. Wah..wah…ternyata merajut itu mengasyikkan ya?!

“Merajut menuntut kesabaran, ketelitian, dan ketekunan, jadi jangan pantang menyerah dan terus berlatih ya” ujar mbak Juli sebagai kalimat penutup acara sore itu. Sebelum pulang, beberapa peserta membeli benang, buku seri rajut knitting karya Juli Bolton, serta pola-pola produk seperti sweater, topi, dan baju bayi yang telah disiapkan. Tak lupa di akhir kegiatan semua peserta berfoto bersama sambil memamerkan karyanya.

Bagi Anda yang belum berkesempatan untuk hadir dalam acara kreasi kreatif kali ini, jangan berkecil hati. Anda bisa melihat cara pembuatan produk-produk knitting di buku Rajut Knitting Untuk Pemula, Rajut Knitting Cable, Rajut Knitting Lace, dan Rajut Knitting Topi Bayi.

Simak terus info kelas kreatif dan kelas boga Demedia di twitter @demediapustaka, fanpage Facebook: Demediapustaka, atau Anda bisa bergabung ke grup Facebook: Penerbit DEMEDIA.

knit1
knit3
knit4
knit5
knit6
knit7

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

preo-order ayudya