Masakan Rumahan Cita Rasa Lezat dan Sehat Tanpa MSG ala @dapurfoody

Masakan Rumahan Cita Rasa Lezat dan Sehat Tanpa MSG ala @dapurfoody
January 23, 2020 redaksi demedia
sambal matah

Masakan Rumahan Cita Rasa Lezat dan Sehat Tanpa MSG ala @dapurfoody

Bisakah menghasilkan rasa gurih (umami) tanpa MSG (Mono Sodium Glutamate)? Pengelola (siapa) Instagram @dapurfoody menjawab, bisa. Kuncinya dengan menggunakan rempah-rempah atau memilih bumbu dari bahan alami. Alternatifnya menggantikan dengan jamur, bawang, saus tiram, gula, kunyit, daun salam, dan rempah-rempah lainnya.

Untuk mendapatkan cita rasa gurih dan enak perlu proses memasak yang relatif lama. Semua tergantung pada bunda dalam menyajikan masakan rumahan sehari-hari untuk keluarga. Mau memilih proses instan dengan risikonya atau lama tapi lebih sehat? Bunda tentu lebih bijak untuk urusan pilihan ini.

Munculnya pro dan kontra penggunaan MSG, berawal kasus di Amerika, pada 1968. Kasus ini bermula Dr Ho Man Kwok, yang mengalami mati rasa leher dan tengkuk setelah mengonsumsi masakan China. Dilansir bbc.com lalu kasusnya menyebar setelah ia mengirimkan surat ke jurnal medis. Kemudian, sindrom ini dinamakan CRS (Chinese Restaurant Syndrome). MSG kemudian mendapat stigma negatif dan rentetan penelitian pun berkembang.

BACA JUGA Inspirasi Resep “Indonesian Fusion Foods” ala Devina Hermawan dan co-chef Jonathan Tjandra

masakan rumahan menu lodehSebenarnya pemakaian MSG dalam porsi cukup, tidak membahayakan kesehatan manusia. Ya, seperti bunda ketahui apa pun yang berlebihan harus dihindari. Sementara jika meragukan penggunaan “penyedap rasa” instan, sebaiknya ditinggalkan. Agar sehat dari MSG ini perlu upaya menggantinya dengan rempah.

Ciptakan Masakan Rumahan Sehat dan Lezat

Istilah masakan rumahan barangkali menjadi populer sejak ada banyak resto atau rumah makan yang menyajikan interior tempat makan dan resep masakan ala rumahan. Di kota besar seperti Jakarta, sebutlah ada Daun Muda Soulfood, Mendjangan, dan lainnya.

Ada pula yang menyebutnya sebagai resep tradisional, biasa “dilawankan” dengan masakan ala Barat yang dicitrakan dekat dengan hal modern. Dari bahannya mudah ditemukan di pasar tradisional atau pedagang sayuran yang lewat di depan rumah. Bahannya meliputi tempe, sayuran hijau, daging, ikan, dkk.

Apa saja contoh masakan rumahan ini? Beberapa contoh masakan rumahan yang biasa disajikan di meja makan antara lain, olahan lodeh nangka, sayuran kangkung, tempe bacem, tahu bacem, ayam goreng, sambal teri, sop ayam, orak-arik telur asin, dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan aneka resep masakan tanpa MSG, dalam buku 450 Masakan Rumahan, yang ditulis oleh @dapurfoody. Dalam buku yang diterbitkan oleh Demedia ini, bunda bisa berjumpa resep-resep, mulai dari aneka olahan telur, olahan tempe dan tahu, olahan jamur, olahan ikan asin, aneka sayur tumis, olahan sambal, olahan ayam, aneka seafood, olahan daging sapi, hingga olahan soto dan sup. Semua berbahan bumbu rempah tanpa dasar tanpa msg.

Berikut satu contoh menu resep Ayam Bakar Madu yang diambil dari buku 450 Masakan Rumahan. Resep di bawah ini bisa disajikan untuk empat orang.

AYAM BAKAR MADU

Bahan

  • 8 potong sayap ayam
  • Bumbu (aduk sampai rata)
  • 4 siung bawang putih, parut
  • ½ butir bawang bombai, cincang halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 3 sdm madu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap ikan
  • 4 sdm minyak goreng
  • ½ sdt bubuk lada
  • ½ sdt garam

Cara membuat

  • Bersihkan sayam ayam, buang ujung sayapnya.
  • Campur semua bumbu, aduk bersama sayam ayam. Masukkan dalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas selama 1 jam.
  • Panggang sayap ayam di atas bara sambil sesekali diolesi dengan bumbu perendam, panggang sampai kedua sisinya matang.

ayam madu

Jika bunda kesulitan menemukan masakan sehat di luar rumah yang non-msg, tidak ada pilihan lain selain memasak sendiri. Ada ratusan contoh resep dari @dapurfoody yang bisa diikuti. Ini merupakan salah satu cara dan praktik terbaik menghindari memasak dengan menyampurkan penyedap rasa. Serta cara mengurangi perillaku jajan di luar rumah, juga cara berhemat untuk mendapatkan masakan sehat dari dapur sendiri.

Dalam buku yang disusun oleh akun IG @dapurfoody ini terdapat tip cara memilih bahan makanan yang baik dan tepat, seperti daging yang baik, tahu dan tempe, sayuran yang segar, dan lainnya.

Buku resep 450 Masakan Rumahan bisa didapatkan di toko buku Gramedia dan toko buku online. Nah, lewat buku ini masakan rumahan menjadi naik kelas tanpa perlu membubuhkan micin atau penyedap rasa. Jangan terlewat bunda, mengoleksi buku ini.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale