Mengenal Bahan Kue Goreng Tradisional

Mengenal Bahan Kue Goreng Tradisional
April 10, 2013 Demedia
aneka-tepung

aneka-tepungKelezatan kue tradisional tak pernah lekang oleh zaman. Jika selama ini Anda terbiasa membeli, sesekali cobalah membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang digunakan mudah didapat di sekitar kita.

 

Kelezatan kue tradisional tak pernah lekang oleh zaman. Jika selama ini Anda terbiasa membeli, sesekali cobalah membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang digunakan mudah didapat di sekitar kita.

aneka-tepung

Tepung beras
Tepung beras yang dijual dipasaran ada dua macam, yaitu tepung beras segar dan tepung beras yang halus dan tahan lama. Tepung beras segar biasanya agak lembab karena masih mengadung air sehingga tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Tepung beras yang halus dan kering biasanya merupakan produk pabrikan yang dibuat sekaligus dalam jumlah banyak dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Tepung ketan
Di pasaran tersedia tepung beras ketan hitam dan beras ketan putih. Warna tepung beras ketan hitam agak keabu-abuan karena ketika digiling kulit arinya telah dibuang terlebih dahulu. Tepung ketan lebih lengket dibandingkan tepung beras biasa karena mengandung zat amilopektin.

Tepung kanji
Tepung kanji adalah  nama lain dari tepung tapioca. Terbuat dari singkong yang diparut kemudian diperas patinya lalu dikeringkan. Sering dipakai sebagai pengental masakan atau dicampurkan ke dalam adonan kue.

Tepung terigu
Ini adalah tepung yang sering dipakai dalam membuat kue. Kue-kue tradisional adalah jenis kue sederhana dan umunya memakai tepung terigu serbaguna. Terkadang dalam pemakaiannya tepung terigu dicampurkan dengan tepung beras maupun tepung kanji.

kelapa-santan Santan dan kelapa
Santan dan kelapa sama-sama memberikan efek gurih pada makanan. Pemakaiannya tergantung pada resep. Dalam pembuatan kue-kue tradisional, dikenal dua macam santan, yaitu santan kental dan santan cair. Santan kental adalah smeruantan yang diperoleh dari perasan pertama. Sedangkan perasan kedua dan berikutnya.
gula-merah-gula-pasir Gula merah dan gula pasir
Keduanya digunakan sebagai pemanis. Gula merah atau gula aren lebih sering dipilih karena aroma dan rasa manisnya yang khas. Gula merah yang berwarna gelap akan menghasilkan kue yang berwarna kecokelatan, sementara gula yang berwarna kuning akan menghasilkan kue yang lebih pucat.
pandan-serai Daun pandan, serai, dan daun jeruk
Ketiga jenis daun bumbu aromatik ini sering dipakai sebagai pengharum dalam membuat kue tradisional. Biasanya direbus bersama gula dampai beraroma kemudian disaring sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

preo-order ayudya