Olah Sendiri Resep Masakan Tionghoa dari Dapur Rumah, Sehat dan Halal

Olah Sendiri Resep Masakan Tionghoa dari Dapur Rumah, Sehat dan Halal
February 18, 2020 redaksi demedia
siomay udang chinese food

Olah Sendiri Resep Masakan Tionghoa dari Dapur Rumah, Sehat dan Halal

Urusan kuliner atau makanan, China pun diakui kehebatannya. Seperti kita ketahui perjalanan masakan China sudah lama sekali dan hampir menjelajah ke seluruh dunia. Termasuk merambah masuk ke Indonesia. Cita rasanya mudah beradaptasi dengan lidah orang Nusantara.

Chinese Food tidak saja dikenal kelezatan rasanya, tetapi memadukan “kehidupan” yang menarik diketahui. Dalam budaya China, masakan, menurut situs web, chinesediscovery.com, seperti tradisi, filosofi, estestis, dan medis/kesehatan. Masakan China berpadu dengan unsur keseimbangan alam (nature), yang biasa disimbolkan dengan Ying Yang. Elemen alam juga terwakili, misalnya unsur api, air, udara, tanah/bumi, logam, dan kayu.

Mungkin anda pernah mendengar bumbu lima rasa, atau Ngohiong. Bumbu rempah ini mewakili rasa asam, manis, pedas, asin, dan pahit. Seimbang dalam satu rasa, semua ada, inilah falsafah Yin Yang. Bumbu ini dikenal sebagai ngohiong. Terbuat dari lima bumbu rempah, antara lain merica, bunga adas, kayu manis, pekak, dan cengkeh.

Sementara makanan dekat dengan hal medis, karena makanan yang masuk ke tubuh diyakini sebagai obat dan ; menyehatkan manusia. Jika punya sakit yang tidak terlalu serius, makanan diyakini bisa memudarkan penyakit.

Ada empat variasi rasa yang biasa ada dalam masakan China, pedas, asin, asam, dan manis. Mie dan nasi di China menjadi dua makanan pokok yang populer.

Sementara dari sisi bumbu dan racikan rempah-rempah pendukung, masakan China mirip dengan masakan Nusantara. Selain bumbunya, bahan pun mudah sekali didapatkan di pasar, bahkan di tukang sayur yang lewat depan rumah.

Lalu apa yang membuat masakah China beroleh cita rasa lezat yang “kuat”? Jika mengengok buku 50 Masakan Chinese Food Halal yang disusun oleh @dapurfoody, bisa kita amati akan selalu ada seperti, yaitu kecap asin, kecap inggris, kecap ikan, minyak wijen, dan saus tiram. Ada juga beberapa masakan yang menggunakan bumbu khas angkak dan tidak lupa ada bumbu ngohiong.

 

Resep Siomay Udang  

Berikut ini contoh, resep Siomay Udang yang diambil dari buku 50 Masakan Chinese Food, dari penerbit buku Demedia. Masakan ini disajikan untuk 4 orang.

 

Bahan

400 g daging udang giling

100 g daging ayam giling

4 siung bawang putih, haluskan

4 sdm kecap asin

5 sdm tepung kanji

2 butir telur, kocok

½ sdt merica bubuk

2 sdt minyak wijen

1 sdt gula pasir

20 buah kulit pangsit

1 batang wortel, parut

 

Saus kacang

Haluskan

4 siung bawang putih

6 buah cabai merah

100 g kacang tanah goreng

5 sdm saus sambal

1½ sdt gula merah

Garam secukupnya

4 sdm minyak goreng

3 buah jeruk limo, ambil airnya

250 ml air

Cara membuat Siomay Udang

  1. Campur bahan siomay menjadi satu kecuali kulit pangsit dan wortel, aduk rata, sisihkan.
  2. Olesi mangkuk kecil dengan minyak goreng, beri selembar kulit pangsit. Isikan adonan siomay ke dalamnya.
  3. Beri bagian atasnya dengan wortel parut. Kukus siomay selama 30 menit sampai matang.
  4. Saus kacang: panaskan semua bahan yang dihaluskan. Masak sambil diaduk-aduk sampai berminyak, angkat.

Tip: Siomay disajikan dengan disiram saus kacang dan diberi kecap manis. Bila suka bisa ditambahkan perasan jeruk limo di atasnya.

50 chinese foods halalBelajar memasak dengan resep masakan China, bisa dimulai dengan buku ini. Pilih sendiri mulai yang termudah atau menu favoritmu. Tak perlu khawatir soal bahan dan bumbunya, mudah dijumpai dan mudah dibuat. Seluruh menu dalam buku fullcolor ini menghadirkan cara memasak lebih bersih, sehat, dan dijamin halal. Buku 50 Masakan Chinese Food Halal bisa segera diperoleh di toko buku Gramedia dan toko buku daring pilihan bunda.

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale

demedia shopee Jakbook