Resep Pancake

Resep Pancake
August 22, 2019 redaksi demedia
resep pancake demedia

Resep Pancake atau pannenkoek (versi orang Belanda) relatif mudah dibuat. Variasinya banyak, bisa dicampur dengan madu, keju, bahkan buah-buahan. Resep populer yang bisa cepat disajikan untuk keluarga.

 

Bahan

1 ½ cup tepung terigu serbaguna

2 sdt baking powder

½ sdt garam

2 sdm gula pasir

1 ¼ cup susu cair

1 butir telur, kocok lepas

3 sdm mentega, lelehkan

Secukupnya stroberi, potong tipis

Cara membuat

  • Ayak tepung terigu bersama baking powder dan garam. Satukan dengan gula pasir. Sisihkan.
  • Campur susu cair dengan telur. Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan licin.
  • Panaskan wajan datar, bila perlu oles dengan sedikit minyak/mentega. Tuang adonan ke atas wajan, kemudian masak sampai kedua sisinya kecokelatan. Angkat. Taruh stroberi, sajikan.

Adonan pancake di atas merupakan resep yang paling populer kita kenal ya. Ternyata ada lho adonan yang mirip pancake di beberapa negara Eropa. Bahannya sama namun berbeda di penambahan ragi, ukuran, atau ketebalan pancake. Ini dia kembaran pancake:

  1. Prikelets & Crumpets

Kedua pancake ini berasal dari Inggris dan biasa dinikmati kala tea time. Ukuran keduanya lebih kecil daripada pancake dan porinya lebih besar karena dibuat dengan ragi dan dimasak hanya pada satu sisi. Prikelets lebih tipis dan crumpets memiliki pori lebih banyak.

  1. Crepe

Makanan gaya Prancis ini berbentuk lembaran yang sangat tipis. Jika anda bepergian ke Italia crepe disebut crespelle. Berbeda dengan pancake, crepe biasanya disantap gurih dengan saus bechamel dan juga sebagai dessert.

  1. Blini

Ukuran blini lebih mini daripada pancake. Teksturnya lebih padat karena biasanya dicampur wortel atau apel parut. Resep klasiknya menggunakan tepung buckwheat campur ragi.

  1. Blintzes

Bentuknya seperti crepe, diisi krim keju, digulung, digoreng dengan sedikit mentega. Disajikan hangat dengan manisan atau selai buah.

  1. Pannenkoek

Ini adalah pancake-nya orang Belanda. Bentuknya sedikit lebih tebal dari crepe. Biasanya diberi apel yang diiris tipis atau beef bacon yang disusun rapi di permukaan adonan kala dimasak. Bisa ditaburi gula putih, brown sugar, atau disiram siro dutch stroop.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale