Menggoreng Ceker Ayam Agar Tidak Meletup

Menggoreng Ceker Ayam Agar Tidak Meletup
May 15, 2009 Demedia

Nama: Asih
Email: asihtheodora@…
Pertanyaan:


Tulis Konsultasi

Maaf Bu, saya senang  sekali makan masakan dari Jawa yang rasanya cenderung agak manis, misalnya bacem apa pun jenisnya ayam, tahu, tempe, terutama saya senang makan bacem ceker. Tetapi, saya sangat kecewa ketika menggoreng pasti meletus-letus. Nah, bagaimana caranya agar saya bisa menikmati ceker bacem goreng tanpa harus menanggung letusan minyak panas. Terima kasih.


Jawaban:

Wah…masakan Jawa memang enak, sedikit manis dan gurih. Apalagi bacem ceker. Sebenarnya bukan  ketika menggoreng bacem ceker saja yang meletus saat di goreng, semua hidangan dari ceker yang digoreng pasti akan menyebabkan minyak panas memercik ke mana-mana.

Itu karena kulit ceker ayam sendirinya memang banyak mengandung air. Apalagi sesudah direbus dengan bumbu, sudah pasti makin banyak air yang terserap. (Coba perhatikan, ceker akan empuk dan sedikit mengembang kulitnya).
 
Untuk mengurangi letusannya, coba goreng dengan minyak yang sedikit saja. Kecilkan api setelah ceker dimasukkan. Setelah itu teruskan menggoreng sambil ditutup. Namun, sebelumnya tiriskan ceker terlebih dahulu sampai benar-benar terbuang airnya.
Selamat mencoba!

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale