Tip Memilih Durian Matang

Tip Memilih Durian Matang
December 20, 2016 newsroom
In Did You Know
  1. Pilihlah durian yang bentuk buahnya bulat dan berjuring lima. Jumlah juring bisa ditandai berupa garis yang membujur dari pangkal ke dasar buah durian. Ada kalanya durian memiliki juring enam atau lebih, namun durian berjuring lima memiliki daging buah yang lebih tebal.
  2. Pukul-pukul buah durian dengan benda padat. Durian yang matang akan mengeluarkan suara ‘berat’ ketika dipukul. Suara yang nyaring dan ringan menandakan durian tersebut belum matang benar.
  3. Perhatikan tangkai buahnya. Tangkai buah durian yang pendek dan lebar menandakan daging buahnya tebal. Batang buah yang tipis dan panjang menunjukkan daging buah yang tipis.
  4. Pilih durian yang ringan, durinya pendek-pendek dan lebar. Ini menunjukkan bahwa daging buahnya kering. Durian yang memiliki duri kecil dan panjang-panjang biasanya memiliki daging buah yang lembik/benyek.
  5. Komponen terberat pada durian adalah kulit dan bijinya, jadi pilihlah yang buahnya ringan. Durian seperti ini biasanya matang dan berdaging tebal.

 

JANGAN DIPILIH BILA

  1. Durian beraroma harum sekali padahal belum dibelah. Penjual yang nakal kerap memeciki kulit durian dengan air ‘kobokan’ bekas durian.
  2. Durian sudah dibelah bagian bawahnya untuk menunjukkan daging buahnya kepada pembeli. Udara akan masuk ke dalam buah dan mengontaminasi buah sehingga rasanya hambar.

 

(AK-Red_Demedia-2016)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

islamic book fair 2018 demedia pustaka

islamic book fair 2018 demedia pustaka