RESEP: Nasi Bakar

RESEP: Nasi Bakar
February 14, 2014 Demedia
nasi-bakar

Ketika mendengar kata ‘Masakan Sunda’ mungkin yang langsung terbayang adalah nasi bakar, sayur asem, ikan, ayam goreng, lalapan, dan sambal. Hmmm….membayangkan saja sudah membuat kita menelan ludah ya. Anda pun bisa menyajikan kelezatan masakan Sunda hasil racikan dapur sendiri untuk keluarga tercinta. Resep nasi bakar berikut ini layak Anda coba di rumah.

 

nasi-bakarKetika mendengar kata ‘Masakan Sunda’ mungkin yang langsung terbayang adalah nasi bakar, sayur asem, ikan, ayam goreng, lalapan, dan sambal. Hmmm….membayangkan saja sudah membuat kita menelan ludah ya. Anda pun bisa menyajikan kelezatan masakan Sunda hasil racikan dapur sendiri untuk keluarga tercinta. Resep nasi bakar berikut ini layak Anda coba di rumah.

Bahan
400 gram beras
3 sdm minyak
Tumbuk kasar
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cabai merah keriting
3 buah serai, iris serong tipis
3 lembar daun salam, sobek-sobek
3 lembar daun jeruk purut
150 gram cue tongkol, potong kecil-kecil
500 ml santan, dari 1/4 butir kelapa
½ sdt garam
2 ikat daun kemangi, petik daunnya
Daun pisang, untuk membungkus

Cara membuat
1. Cuci beras sampai bersih, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum dan matang.

2. Masukkan daging ikan cue tongkol dan beras. Aduk rata. Beri santan dan garam, aduk dan masak sampai santan terserap habis. Angkat.

3. Kukus beras dengan daun kemangi, sampai matang. Angkat. Bungkus nasi dengan daun pisang menyerupai lontong yang padat. Semat kedua ujungnya dengan lidi.

4. Panggang di atas bara sampai nasi bakar beraroma. Angkat.

Hasil 6 bungkus

Resep diambil dari buku Masakan Sunda Populer yang ditulis oleh Laras Kinanthi.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Demedia Ramadan Sale