Tip Membuat Ayam Bakar/Panggang

Tip Membuat Ayam Bakar/Panggang
July 10, 2013 Demedia
foto-tip-1

Ada banyak cara untuk memasak ayam. Salah satunya adalah dengan dibakar atau dipanggang. Sajian yang satu ini mampu menerbitkan selera makan. Ada tip-tip khusus untuk memasak ayam panggang supaya matang sempurna, aromanya wangi, serta rasanya lezat.

 

foto-tip-11. Memilih dan memotong ayam

Umumnya ayam yang dipakai untuk membuat ayam bakar/panggang adalah ayam broiler atau pedaging. Bisa juga memakai ayam kampung, namun  sebaiknya dipresto atau direbus sampai benar-benar empuk terlebih dahulu sebelum dipanggang. Pilih ayam yang masih segar, berukuran antara kecil sampai sedang, dan  tidak terlalu berlemak. Ukuran ayam akan menentukan waktu memasaknya. Ayam yang kecil membutuhkan waktu  memasak yang lebih singkat dibandingkan dengan ayam yang besar.

Ayam bakar atau panggang bisa disajikan dalam ukuran utuh maupun personal. Untuk ayam panggang utuh, sebaiknya dipilih ayam berukuran kecil. Bila ingin disajikan dalam ukuran personal, ayam biasanya dipotong menjadi empat atau delapan bagian

Ada baiknya juga bila kita memasak ayam panggang dalam potongan yang sama, misalnya sayap ayam saja. Dengan demikian setiap orang mendapatkan bagian yang sama besar dan juga sama banyak.

foto-tip-22. Cara membumbui ayam

Supaya ayam bakar/panggang yang kita buat semakin lezat, maka harus diperhatikan cara membumbuinya. Bila ayam harus dimatangkan terlebih dahulu bersama bumbu (diungkep), aduk ayam bersama bumbu dan letakkan aneka bumbu daun di dasar panci. Masak dengan api kecil sambil ditutup sampai ayam berair (mengeluarkan kaldu), aduk sesekali dan lanjutkan memasak sampai airnya habis. Setelah itu ayam baru siap dibakar. Jangan lupa untuk mengoleskan sisa bumbu ke atas ayam supaya aromanya semakin harum

Bila ayam akan dipanggang dalam oven, aduk ayam bersama bumbu terlebih dahulu. Kemudian simpan dalam kulkas minimal 2 jam sambil ditutup, baru kemudian dipanggang. Menusuk-nusuk ayam dengan garpu sebelum dibumbui juga akan membuat bumbu semakin meresap ke dalam daging sehingga ayam yang dipanggang semakin tajam kelezatannya.

foto-tip-33. Cara mematangkan ayam

Bila memanggang ayam di atas bara, gunakan panas yang konstan. Untuk menghindarkan kemungkinan ayam hangus karena panas yang tinggi, bungkus ayam dengan daun pisang atau aluminium foil terlebih dahulu. Cara ini juga bisa mencegah kulit ayam melekat di pemanggangan.
 
Percikkan atau oleskan sedikit minyak ke atas ayam yang sedang dibakar/dipanggang supaya ayam tidak terlalu kering saat matang. Bila hendak memanggang ayam dengan oven, gunakan panas antara 190-200°C. Sesekali keluarkan pinggan berisi ayam kemudian oles dengan minyak dan bumbunya. Menutup pinggan berisi ayam dengan alumunium foil juga akan membuat ayam matang secara merata.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

preo-order ayudya