Kelas Kreatif: Pembatas Buku Cantik dari Oshibana

Kelas Kreatif: Pembatas Buku Cantik dari Oshibana
August 26, 2013 Demedia
oshibana1

Belasan ibu-ibu mengantri untuk melakukan pendaftaran Kelas Kreatif Demedia pada Kamis (22/08). Sebagian lainnya bahkan telah duduk rapi di tempat yang telah disediakan dan bersiap mengikuti kegiatan tersebut. Mereka terlihat antusias dan tidak sabar untuk membuat pembatas buku dari seni Oshibana bersama Rina Oshibana, penulis buku Oshibana.

 

oshibana1Ya, Rina bisa dibilang memang ‘jagonya’ membuat oshibana—seni bunga press dari Jepang. Pada kesempatan ini, Rina yang sudah sejak pertengahan 2010 membuat oshibana membuka kegiatan itu dengan menceritakan sejarah seni oshibana.

Sambil berinteraksi dengan para peserta, Rina pun mulai melakukan proses pengeringan bunga segar yang telah ia sediakan sebelumnya. Diakui Rina, dalam seni oshibana ini yang membutuhkan waktu dan kesabaran adalah saat proses pengeringan bunga.

Di sela-sela materi, tidak sedikit ibu-ibu yang juga aktif bertanya. Rasa penasaran mereka akan seni oshibana pun terlihat saat Rina menjelaskannya. Dan, setelah Rina selesai menerangkan proses pengeringan bunga, rasa penasaran para peserta pun terjawab dengan dimulainya membuat pembatas buku.

Dengan telaten dan penuh kehati-hatian, mereka mulai membuat pembatas buku. Proses pengeleman bunga kering pun mereka lakukan secara perlahan agar mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.

Tawa dan rasa senang tidak luput dari raut wajah para peserta dan Rina sebagai pemateri. Bahkan, Rina sangat mendukung sekali dengan adanya kelas kreatif yang diadakan oleh Demedia.

“Pelatihan ini membantu saya untuk sharing misi, yaitu meng-Indonesia-kan Oshibana dan meng-Oshibana-kan Indonesia,” kata wanita berhijab ini.

Serupa dengan Rina, menurut Diah–salah satu peserta—kegiatan ini tidak sekadar penyalur hobi saja. Tetapi melalui pelatihan ini ia bisa mendapatkan hal lain.

“Dari sini kita bisa terima pesanan. Jadi hobi itu nggak untuk kita sendiri, tapi bisa kita jual atau kasih ke orang yang kondisinya antara satu dengan yang lain tidak sama,” kata Diah.

Setelah semua peserta menyelesaikan desain pembatas kertasnya, satu per satu mereka melaminating karyanya. Dan di akhir kegiatan, mereka pun tak lupa untuk mengabadikan karya mereka dengan berfoto bersama Rina Oshibana dan redaksi Demedia.

Berikut adalah beberapa foto Kelas Kreatif: OSHIBANA.

oshibana2
oshibana3
oshibana4
oshibana5
oshibana6

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

preo-order ayudya